Members: 0 member(s)

Shares ?

0

Clicks ?

0

Viral Lift ?

0%

User's Tags

Education 116 views Oct 22, 2019
Hal Yang Perlu Di Perhatikan Sebelum Kuliah

Di zaman yang sudah semakin canggih, perkembangan tak hanya ditunjukkan dari segi teknologi saja, tapi juga dari dunia kerja. Jika pada era di bawah tahun 90-an, lulusan sarjana masih bisa dihitung dengan jari, kini jumlahnya semakin tahun semakin bertambah dua kali lipat, bahkan bisa mencapai ribuan jumlah setiap tahunnya.

 

Hal ini dikarenakan tuntutan persyaratan yang diberikan oleh perusahaan atau instansi kerja yang mengharuskan calon pegawainya memiliki status pendidikan lulus sarjana sehingga kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan sudah semakin meningkat https://kampus.webflow.io/. Tapi dampak dari hal tersebut adalah semakin ketatnya persaingan dalam dunia kerja.

 

Baca Juga : Kampus Swasta Terbaik di Jakarta

 

Jadi, meskipun kamu punya ijazah sarjana, lantas tak serta merta membuat kamu bisa langsung diterima kerja. Ada banyak lulusan sarjana yang ternyata malah susah mencari kerja atau bekerja tidak pada bidangnya sehingga ilmu yang telah dipelajari tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan dalam dunia kerja.

 

Berawal dari permasalahan tersebut, bisa dikatakan kalau pemilihan jurusan kuliah mengambil andil yang cukup besar dalam menentukan masa depan kamu nantinya. Jika salah langkah atau salah mengambil jurusan kuliah, maka pekerjaan akan sulit didapat.

 

Oleh karena itu, sebelum memilih jurusan kuliah, kamu harus memperhatikan kelima hal yang ada di bawah ini, seperti disarikan dari situs  https://www.nusansifor.com/diskusi/user-295.html yaitu:

 

1. Sesuaikan dengan minat dan kemauan belajar

 

Pertama adalah sesuaikan minat dengan jurusan kuliah yang akan kamu ambil. Jangan mudah terbawa arus karena belum tentu minat kamu di bidang tersebut. Misalkan, kamu lebih suka kuliah di jurusan yang bergerak di bidang kreatif, tapi karena teman-temanmu mengambil kuliah di jurusan ekonomi, maka kamu ikut-ikutan mengambil jurusan tersebut.

 

Ambil jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan kemauan belajar agar nantinya kamu bisa mengikuti kuliah hingga lulus. Tak jarang ada orang yang berhenti kuliah di tengah jalan karena alasan jurusannya tidak cocok sehingga mereka memilih untuk pindah jurusan dan mengulang kuliah dari awal.

 

Baca Juga : Cara Berhenti Donasi Unicef

 

2. Pertimbangkan segi peluang karier kerja

 

Ketika memilih jurusan kuliah, pertimbangkan juga segi peluang kerja yang akan menantimu setelah lulus nanti. Cobalah untuk melihat tren yang sedang berkembang saat ini dan carilah minat kamu yang sesuai. Misalkan saja sekarang sedang tren belanja online, kamu bisa mengambil jurusan marketing online, bisnis online, web developer, atau bisa juga web designer.

 

Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir https://www.gm016.com/space-uid-3005054.html akan kesulitas mencari pekerjaan nanti karena peluang karier sudah terbuka lebar.

 

3. Lihat akreditasi universitas dan jurusan kuliah

 

Terkadang kita terburu-buru mengambil jurusan kuliah dan menentukan universitas mana yang akan dipilih karena terkendala waktu pendaftaran yang terbatas sehingga kamu tidak terlalu memperhatikan nilai akreditasi yang ada di universitas tersebut.

 

Cobalah untuk mencari tahu nilai akreditasi universitas dan juga jurusan kuliah yang mereka miliki karena akreditas universitas berbeda dengan akreditasi jurusan atau fakultas. Bisa jadi universitas tersebut memiliki nilai akreditasi A, tapi punya akreditas B di beberapa jurusan kuliah tertentu.

 

4. Perhatikan mata kuliah yang akan diajarkan

 

Hal yang satu ini kadang luput dari perhatian kita. Padahal mata kuliah yang diajarkan sangat penting untuk bekal ilmu kamu saat bekerja nanti.

 

Ada mata kuliah yang diajarkan di universitas A tapi tidak diajarkan di universitas B. Jadi, selalu perhatikan mata kuliah yang akan diberikan kepadamu nanti. Bisa jadi dengan melihat mata kuliah yang diberikan, kamu jadi lebih tertarik untuk memilih jurusan kuliah tersebut.

 

5. Pilih jurusan kuliah yang sesuai keuangan

 

Poin terakhir ini sangatlah penting untuk diperhatikan karena kuliah membutuhkan biaya yang tak sedikit jumlahnya. Meskipun kamu berhasil lolos universitas negeri, pastinya kamu membutuhkan biaya untuk print dan fotokopi tugas, ongkos kuliah, makan, apalagi jika lokasi kampusmu berada di luar kota, mau tak mau kamu harus mengeluarkan biaya untuk sewa kamar kost.

 

Baca Juga : Kampus Swasta Terbaik di Jakarta

 

Penting untuk mengetahui semua rincian biaya tersebut agar orang tuamu bisa mempersiapkannya sejak awal. Kamu tentunya tak mau kalau kuliahmu terhenti di tengah jalan karena terkendala masalah biaya bukan https://www.viki.com/users/kampusswasta/about?