Members: 0 member(s)

Shares ?

0

Clicks ?

0

Viral Lift ?

0%

User's Tags

Personal 1,189 views Oct 27, 2019
Alasan Mengapa Harus Kuliah?

Banyak orang mendaftar atau masuk ke salah satu perguruan tinggi itu karena terbawa arus. Banyak teman SMA daftar kuliah karena gengsi, bener gak?

"eh de kamu mau kuliah atau langsng ngelamar pekerjaan?" Tanya ku

"ya ya kuliah lah, kalau gak kuliah gengsi dong,ntar orang bilang ke aku gak setara kalau gak kuliah." Jawab ade

"tapi kalau kuliah bener-bener dong de, jangan hanya karena gengsi" ucapku lagi

"mudah lah itu mad, semua sudah saya pikirkan,hhee"ujarny sambil tetawa

Yaa karena memang sebenrnya banyak orang gengsinya tinggi di kehidupan ini. Mereka gengsi kalau tidak kuliah. Akhinya daftarlah ke perguruan tinggi tertentu tanpa tujuan jelas di hatinya, yang mereka pikirkan hanyalah keren sama halnya seperti yang lain.

Tetapi sebagian orang juga mendaftakan kuliah Universitas Swasta Terbaik di Jakarta karena mereka sadar akan masa depan yang akan di hadapi mungkin ini sama seperti yang saya pikirkan. Segala sesuatu sudah di siapkan saat masih duduk di bangku Sekolah Menegah Pertama.
" eh san kamu mau kuliah ya, emang mau daftar dimana aja?" Tanya ku ke teman yang lain

"mau daftar di perguruan tinggi negeri mad, semua mau saya daftar" jawab sandi teman saya

"wow, kece bro. kok niat banget mau kuliah?"Tanya ku lagi

"iya nih, karena dalam hati gue jadi apasih diriku kedepanya? Mungkin dengan kuliah masa depan ku akan cerah."jawabnya

" mungkin kita sepemikiran karena kita tidak tau hal kedepanya akan terjadi" ujarku

Wow, kece ya persepsi teman ku yang satu ini, ini adalah teman saya berjuang demi masa depan
Dan sebagian lainya mereka kuliah untuk mencari jodoh, bener gak sih?
"bro, kamu mau kuliah dimana, atau mau lanjut kerja" Tanya ku kesalah satu teman kelas

"kuliah di situ tu , yang cewenya cantik-cantik, kalau aja ada yang nyantol.wkk" jawabnya

"emang it itu negeri atau swasta?" Tanya ku

"swasta, aku mah bingung ntar ikut tes yang negeri malah gak masuk, mending aku langsng masuk Universitas Swasta Terbaik di Jakarta aja" ujarnya

"mending kamu tes aja dlu, belajar yang bener ,toh biaya kuliah di negeri lebih murah daripada swasta, dimana kamu bisa menghemat uang orang tua kamu" saran ku

" tauk ah,ntar ku pikirin" sahutnya

Wkkk saat kuliah mencari yang cantik atau ganteng yang sesuai keinginan mereka. Yayaya padahal sebenrnya jodoh itu sudah di atur oleh tuhan.


Percaya deh, serius.
Tapi kalau kalian masih belum percaya, atau belum sepercaya itu, baca catatan ini deh!

Puisi sederhana karya anak bangsa, yang tidak mudah mengungkapkan rasa, namun hanya bisa menulis kata-kata.
Terus sebagian yang lainnya mereka mau kuliah hanya utuk mencari gelar tanpa mempelajari hal-hal yang bermanfaat di kampus, hadeh.
Ni pecakapan saya dengan seorang yang sedang bekerja dan kuliah juga

"kak, emang kuliah dimana? Kok Cuma 2 hari dalam 1 minggu" tanyaku

"kuliah di perguruan tinggi swasta itu dek, iya dek soalnya kakak mau ngambil gelarnya saja , toh kakak juga lagi bekerja. Memang jadwal 2 hari yang kakak ambil."jawabnya

" emang dapet tuh kak ilmu nya, pengetahuan dan lainya?" tanyakulagi
"ya ya ya enggaklah dek, sedikit banget dapet ilmu, yang penting kakak kuliah https://slides.com/universitas ntar dapet gelar dan nantinya bisa di gunakan utk kenaikan pangkat" ujarnya

"emang kakak gak pengen tu ilmu yang kakak dapet saat kuliah memang bermainfaat?" tanyakulagi, tak berhenti ku bertanya.wk

" nggak dek , kakak mah cepek. Ntar nambah pusing deh" sahutnya

Mereka hanya kuliah mencari gelar denga cara kuliah di PTS kuliah hanya dua hari, yaitu jumat dan sabtu. Yang sebernya kuliah dua hari sedikit sekali untuk mendapatkan ilmu. Yang mereka pikirkan hanya gelar duhhh ada gelar deh di nama gue.hhe

Kuliah Karena Paksaan Orang Tua.Orang tua biasanya punya pandangan tertentu terkait masa depan anaknya. Bidang profesi keren seperti dokter, insinyur banker dan sebagainya membuat mereka ingin mengarahkan anaknya agar seperti keinginan orang tuanyan. Apalagi jika orang tuanya sudah sukses di bidang tersebut.

Nih cerita teman ke aku,

"eh mad , kamu mah mau kuliah dimana? Tanya rizki temanku

"akumah mau kuliah di ptn, aku belajar semoga nantinya bias lulus sesuai keingin aku" jawabku

"aku bingung nih, orang tua aku maksa aku untuk masuk jurusan yang mereka mau" ujarnya

"kamu mah bilang aja, kamu niatnya di jurusan mana, ntar bilang sama orang tua kamu, ininih kebelihan jurusan yang kamu mau." Saranku

" sudah aku bilang, tapi tetap aja mereka maunya sesuai keinginan mereke, aku takut yang tidak diinginkan kalu aku masuk di dsn." Ujarnya

Orang tua harus ingat bahwa anak bisa jadi beda dengan keinginan atau kisah sukses orang tuanya. Memaksakan anak untuk bisa seperti orang tuanya hanya akan membuat anak stres dan gagal dalam merencanakan kuliahnya.

Tetapi whateverlah mau kuliah di mana saja mau perguruan tinggi negeri atau universitas swasta tetapi banyak gak sih kita sadari saat kita kuliah, mungkin bisa saja sih oknum-oknum tertentu melakukan hal yang kita tidak inginkan di kampus kita. Taulah hal-hal apa yang tidak dinginkan itu yaa gak. Jika terjad hal-hal yang seperti ini di kampus kalian, apakah kalian mau keluar dari kampus kalian? Eitsss nanti dlu, banyak hal yang bisa di lakukan , setidaknya kita bisa mengandalkan dirikita bukan?.jika memang perguruan tinggi kalian tidak memugkinkan kamu bisa mendisiplinkan diri kalian sendiri.

Menjadikan kuliah sebagai pendorong semangat missal kalian sudah menjadi seorang mahasiswa. Atas gelar mahasiswa inilah kalian bias memperjuangkan dan membuktikan menjadi mahasiswa bukan hanya melakukan demo-demo turun ke jalan,ialah lebih dari itu kalian bisa menempa diri sendiri menjadi apa yang di inginkan.

Menjadi seorang mahasiswa seutuhnya berarti menempati suatu posisi yang berbeda dari pada posisi sebelumnya. Bnyak orang-orang menjulukan mahasiwa itu sebagai agent of change yang berarti sebagai agen perubahan, menjadi agen perubahan dalam segala hal yang memang bisa merubah diri kita mejadi lebih baik, tak hanya diri sendiri tapi bias mebuat perubahan utuk semuanya dalam segala aspek di kehidupan.

Banyaknya seminar atau pelatihan motivasi yang menampilkan orang-orang sukses tanpa pendidikan formal yang memadai seringkali banyak yang disalah artikan.
Bisa dilihat kisah dari seorang bill gates, seorang yang melahirkan Microsoft, yang merasa dirinya pintar, banyak uang. Sehingga akhinya di drop out dari kampus dia. Tetapi apa??? Kenyataannya apaa??

Setelah perjalananya yang dialamai, malah dia menyarankan utuk semua orang jangan menirukan dia, saranya untuk tetap lanjutkan kuliah, karena yakinlah saat kita kuliah semua akan di dapatkan lebih
"peluang sukses menjadi lebih tinggi jika seseorang lulus sarjana"ujarnya.
"Itu adalah prestasi yang harus dirayakan. Meskipun aku drop out kuliah dan beruntung mengejar karir di bidang software, meraih gelar sarjana adalah langkah yang jauh lebih pasti untuk sukses," demikian Gates pernah menyarankan.

"Mereka yang lulus kuliah lebih mungkin menemukan pekerjaan yang bagus http://www.vnphoto.net/forums/member.php?u=658050, mendapat penghasilan lebih tinggi dan bahkan bukti menunjukkan mereka punya kehidupan lebih sehat ketimbang mereka yang tidak," tambahnya.

Bill akhirnya mendapat gelar sarjana kehormatan dari Harvard di tahun 2007. Ketika itu, ia pidato di depan para lulusan dan akademisi Harvard. Pidatonya sarat inspirasi, termasuk saat-saat di mana dia memilih untuk tidak melanjutkan kuliah lagi.
"Aku berterima kasih kepada Harvard untuk kehormatan ini dan menyenangkan akhirnya punya gelar sarjana," kata Bill ketika itu.
"Aku sudah menunggu lebih dari 30 tahun untuk mengatakan ini, ayah, aku selalu bilang kepadamu bahwa aku akan kembali (ke Harvard) dan mendapatkan gelar," katanya dengan nada bercanda

Pola pikir bill gates saat itu salah satunya adalah buat apa kuliah tinggi-tinggi, toh tanpa kuliahpun bisa sukses. Kisah sukses orang yang tanpa pendidikan tinggi namun bisa sukses jangan disalah artikan. Bagaimanapun kuliah itu sangat penting untuk menambah keterampilan, pengetahuan dan juga wawasan kamu yang menunjang karir ke depannya.

Jikapun ada orang sukses tanpa kuliah itu hanyalah segelintir orang dengan usaha yang jauh di atas rata-rata orang biasa. Itupun masih didukung lagi dengan kesesuaian antara usaha dengan passion yang dia miliki serta lingkungan yang mendukung. Tanpa itu, jika kamu berfikir tidak perlu kuliah, bisa dibayangkan apa jadinya masa depanmu nantinya. Di era globalisasi seperti ini, kuliah punya banyak dimensi sudut pandang. Namun setidaknya beberapa alasan berikut ini cukup mewakili mengapa kamu harus kuliah di zaman modern seperti ini.

Kuliah Penting untuk Meningkatkan Keterampilan dan Pengetahuan. Sistem pendidikanyang ada saat ini pada level SMA, MA, SMK atau sekolah kejuruan lainnya masihrelatif umum, atau jika pun sudah ada penjurusan belum sampai pada level siapkerja dari sisi keterampilan dan pengetahuan. Kuliah adalah proses untukmengembangkan kemampuan yang sudah didapat di bangku sekolah menengah.

Jika mau fokus orientasi bekerja atau wiraswasta mereka yang lulusan SMA/MA, perkuliahan jalur akademis (sarjana) adalah pilihan yang paling tepat,

misalnya jika lulus SMA/MA itu lebih enak ke perkuliahan yang lulus sarjana, misalnya universitas gajah mada, universtas Indonesia, universitas sriwijaya dan mengambil starta satu yang memang diminati

sedangkan bagi mereka yang lulusan SMK/sekolah kejuruan lain, maka pilihan untuk kuliah di jalur vokasi (diploma) yaa bisa ke politeknik yang memang bidang saat SMK pernah di laksanain. lebih tepat karena berorientasi pada keterampilan kerja praktis yang sudah mereka dapatkan dari sekolah kejuruan sebelumnya. Pada prinsipnya, sekolah menengah itu masih tahap awal, jadi jangan sampai berhenti di situ karena keterampilan dan pengetahuannya masih belum siap untuk bekerja.

Jangan Bangga, Kuliah Sekarang Ini adalah Standar Pendidikan Terendah, Jaman sudah berubah,dulu kuliah dan mendapat gelar sarjana merupakan sesuatu yang mewah di matamasyarakat, tapi sekarang jumlah sarjana sudah sangat banyak. Semua lowongansekarang menggunakan standar minimal ijazah sarjana atau setidaknya diploma danitupun sebagian besar dari mereka malah belum mendapatkan pekerjaan aliasmenganggur.

Nah, terbayang bukan, jika yang saja bisa menganggur, bagaimana yang hanya sampai pendidikan SMA/SMK? Itu mengapa kuliah sangatlah penting.

Makin Tinggi Pendidikan, Peluang Kerja juga Semakin Besar. Makin tinggipendidikan kesempatan karir makin luas. Jika cuma SMA saja, peluangnya jugaterbatas. Ingat, saat ini, syarat minimum sebuah pekerjaan bukan sudah SMK lagitapi minimal sudah DIII atau S1. Apapun pekerjaan yang kamu idamkan, kuliahadalah jalan untuk mendapatkan bekal di dunia kerja nantinya.Kuliah Membuka Wawasan dan Pengetahuan Membuat Pola Pikir Menjadi LebihDewasa. Dalamperkuliahan, mahasiswa tidak hanya belajar tentang materi kuliah untukmendapatkan nilai dan ijazah saja. Pergaulan mahasiswa dalam dunia kampus jugabermanfaat untuk mengembangkan kepribadian dan merubah sudut pandang kitaterhadap suatu hal ke arah yang lebih baik. Seringkali, saat bekerja nantinya,orang yang kuliah lebih mampu menyelesaikan masalah dengan kepala dingin,memandang masalah dari berbagai sudut pandang dan juga lebih mampu memikirkanberbagai jalan untuk menemukan solusi dibandingkan dengan orang yang tidakkuliah.Bagi yang Ingin Karir di Dunia Akademis, Kuliah bisa Jadi Jalan untukPendidikan yang Lebih Tinggi Lagi.Sistem perkuliahan di tanah air adalah berjenjang mulai dari strata 1, 2 sampai level doktor (strata 3). Bagi yang bergerak di bidang akademis, punyacita-cita jadi doktor merupakan keharusan, atau bahkan jadi profesor, bisa jadisebuah impian. Untuk mewujudkan cita-cita itu satu-satunya jalan adalahberkuliah setahap demi setahap, jalanilah dulu kuliah sampai tahap S1 barumemikirkan ke tingkat berikutnya.

Menuntut Ilmu Setinggi Mungkin Bisa Meningkatkan Serajat Kita diMata Tuhan dan Manusia.Bagi pemeluk agama apapun pasti ada ajaran untuk menuntut ilmu setinggimungkin dan terus untuk terus belajar. Misalnya saja sebagai seorang muslim adakeyakinan bahwa mereka yang menuntut ilmu, Tuhan akan meninggikan derajatnyadan menguatkan kedudukannya. Lulusan sarjana tentu saja dipandang lebih baik dimasyarakat dibandingkan yang tidak kuliah. Itulah alasan penting kenapa haruskuliah.Dengan Kuliah Kamu Punya Peluang Karir yang Lebih Baik untuk MenjadiOrang Kaya. Inti dari kuliah adalah agar bisa berkarir yang lebih baik lagi untuksukses dan menjadi orang kaya. Lulusan sarjana punya banyak kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan-pekerjaan bonafit yang mengharuskan memilikigelar akademik yang tinggi. Coba kamu perhatikan, beberapa direktur perusahaanbesar pasti memiliki level pendidikan yang baik.+

Profesi keren lain seperti insinyur, dokter dan sebagainya juga akan berbanding lurus dengan gaji yang didapatkan. Di sisi lain, kuliah juga bisa menjadikan orang kaya ilmu dan bermanfaat bagi sesama.