Members: 0 member(s)

Shares ?

0

Clicks ?

0

Viral Lift ?

0%

User's Tags

Personal 632 views Apr 15, 2020
TIPS SUKSES DALAM BERKARIR UNTUK FRESH GRADUATE

Langkah awal untuk memasuki dunia kerja adalah dengan lulus dari bangku kuliah. Mulailah meniti karir dari ilmu yang kamu pelajari selama di bangku kuliah, kemudian ilmu tersebut dipraktekkan dalam dunia kerja, sehingga kamu bisa mengasah kemampuan dan keterampilanmu.

Dunia kerja adalah dunia yang sesungguhnya. Kamu dituntut untuk mandiri mulai dari melamar pekerjaan, seleksi, hingga akhirnya lolos untuk bekerja di perusahaan yang kamu lamar. Jangan minder buat lulusan baru atau fresh graduate yang belum mempunyai pengalaman. Percaya pada kemampuan sendiri dan terus belajar adalah kunci untuk menggapai kesuksesan dalam berkarirr.

Baca Juga: Riwayat Hidup

Selain itu, berikut adalah tips sukses dalam berkarir untuk fresh graduate:

Kumpulkan Prestasi Yang Pernah Diraih

Jika kamu berprestasi semasa sekolah dan kuliah di bidang akademik maupun non akademik, kamu bisa mengumpulkan serta melampirkan sertifikat-sertifikat prestasi tersebut sebagai bukti ketika kamu melamar pekerjaan. Prestasi-prestasi yang telah kamu raih bisa kamu cantumkan ke dalam CV.

Sertifikat yang telah kamu raih tersebut bisa menjadi nilai jual kamu di mata perusahaan yang sedang dilamar. Apabila ada yang menarik atau salah satu dari sertifikat itu ternyata sesuai dengan kriteria perusahaan, peluang kamu untuk masuk ke perusahaan dan membangun karier pun akan terbuka lebar.

Kenali Potensi Diri

Sebelum melamar pekerjaan, sebaiknya kamu mengenal potensi yang kamu miliki agar posisi yang kamu lamar benar-benar sesuai dengan bakat kamu. Dan ketika diterima bekerja kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dan semua tugas dengan senang hati, sehingga hasilnya lebih optimal https://www.hackathon.io/users/140677.

Tetapkan Target dan Fokus

Sebelum melamar sebuah pekerjaan, hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah menentukan jenis pekerjaan apa yang kamu inginkan. Kemudian berusahalah untuk fokus untuk mencapai target yang telah kamu tentukan.

Kuasai Keterampilan Tertentu

Perkembangan teknologi yang semakin maju harus diimbangi dengan sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk itu, para fresh graduate dituntut untuk menguasai keterampilan tertentu, tidak hanya untuk mengalahkan para pesaing, tapi juga melibas teknologi yang mulai menggantikan peran manusia dalam kegiatan operasional perusahaan.

Keterampilan ini tidak hanya berguna saat memasuki dunia kerja saja, namun juga berguna untuk keberlangsungan hidup kamu di kemudian hari, apalagi jika kamu berencana mencari pekerjaan sampingan.

Berani Gagal dan Terus Berjuang

Ketika para fresh graduate melamar pekerjaan, tidak semua perusahaan yang memanggil untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Surat panggilan ini tidak menjamin kamu untuk segera bekerja pada perusaan yang kamu lamar karena ada beberapa tahapan seleksi yang harus kamu lewati.

Mengalami kegagalan saat memasuki dunia kerja merupakan hal yang wajar, tapi kamu tidak boleh berhenti berjuang. Lanjutkan apa yang sudah kamu perjuangkan, teruslah melangkah karena usaha kamu pasti akan membuahkan hasil.

Bangun Jaringan

Sebagai seorang fresh graduate daftar riwayat hidup sebaiknya membuang jauh-jauh rasa malu dan minder yang ada pada diri kamu khususnya saat memasuki dunia kerja. Seperti pepatah mengatakan “malu bertanya, sesat di jalan”, apabila kamu malu, maka peluang untuk berkarier di perusahaan pun akan hilang.

Sebaliknya, bangunlah jaringan yang baik dengan orang-orang di sekitar kamu, tidak hanya dengan orang yang dikenal, tapi juga dengan orang yang baru kamu temui beberapa jam yang lalu. Karena tidak ada yang tahu ke mana roda kehidupan akan berputar. Bisa saja orang yang baru kamu kenal yang nantinya menjadi relasi kamu dalam meraih kesuksesan dalam berkarier.

Siapkan Nyali Untuk Hadapi Dunia Kerja

Sebelum masuk ke dunia kerja, sebagai fresh graduate melamar kerja haruslah menyiapkan mental dan nyali terlebih dahulu agar bisa menghadapi situasi dan kondisi di saat ada tekanan masalah ketika bekerja. Misalnya, tertekan dengan batas waktu tugas yang menumpuk, dimarahi atasan atau tidak cocok dengan rekan kerja.